Pengantar diskusi pembangunan Bogor 2014-

Pembangunan dan Anggaran

NOTULENSI KEBIJAKAN PUBLIK 2013-2015

DISKUSI PERAN PEMUDA dalam GLOBALISASI. Tempat: Sekre GMNI Cabang Bogor

Peserta KAMMI: Muh. Firmansyah , Arynazzakka, Rasoki Martua, Imran

Moderator: Jan Patrice (Jurnal Nasional), Bima Arya (Walikota Bogor terpilih), Iwan (KPA)

Isi Diskusi:

PENYAMPAIAN AWAL:

Sumpah pemuda harus menjadi refleksi kepemimpinan pemuda dalam membangun gerakan. Banyaknya gerakan yang berorientasi pada politik uang perlu disingkirkan jauh dalam gerakan mahasiswa karena berdampak pada sikap yang akan dibawa ketika benar-benar menjadi pemangku kepentingan di pemerintahan kelak.

Contoh format baru dalam refleksi sumpah pemuda adalah kemah kepemimpinan. Selain membina para kader, juga dapat diisi di dalamnya terjun langsung pada masyrakat, contohnya bersama masyarakat membersihkan sungai. (ini dilakukan tagana).

Kota bogor nantinya akan dijadikan 1kota cyber. Memberdayakan siswa SMK untuk mempromosikan jasa dan pariwisata di Bogor.

Pada intinya, untuk pemuda: kuatkan kompetensi sehingga aktivis gerakan tidak hanya “menjadi tukang palak”, dan bisa hidup meski nanti ketika menjadi politisi berhenti dari jabatan-jabatan politik. Dengan kompetensi kita tidak mencari nafkah di ranah politik karena dengan kompetensi kita bisa mencari nafkah dengan kompetensi kita, sementara dalam politik adalah tempat memperjuangkan rakyat. _BIMA ARYA

Globalisasi pada dasarnya telah lama terjadi. Contohnya jalur sutera. Namun, yang membedakan sekarang adalah globalisasi telah terinstitusikan. Indonesia dikatakan tidak siap menghadapi globalisasi. Penyebab utamanya reforma agraria tidak diterapkan. Dengan reforma agraria, dapat menciptakan bank Tani. Di Thailand, dengan reforma agraria dapat mengganti petani yang dulunya menanam opium, menjadi mawar.

Konsep agraria perkotaan dinamakan urband land reform. _IWAN

Hasil diskusi dua arah:

Setelah dilantik, Bima Arya akan melakukan 2renegoisasi terhadap semua kebjakan  yang berpotensi melanggar perda dengan pihak ke-3 yang terlibat dalam perjanjian. Amaroossa kalau bisa diratakan dengan tanah. Peraturan indonesia masih menyedihkan karena belum ada peraturan yang mengatur masa tenggang transisi kepemimpinan sehingga pemerintah incumbent dapat berbuat apa saja. 3Pendataan aset juga akan dilakukan, yang meliputi upaya 4pembuatan ruang terbukan hijau sebesar 20%, Bogor 5sebagai kota pendidikan, jasa, dan pariwisata.

Dalam upaya membentuk karakter terhadap pemuda/pelajar, akan 6dibuat MoU dengan perusahaan atau berbagai lembaga yang dapat memberikan beasiswa. Pemuda juga akan diberikan 7ruang kreasi anak muda.

*NOTULENSI 28 Oktober 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s