Kader Gerakan 1

Momentum. Seringkali kita memerlukannya sebagai sebuah refleksi. Suhu politik negeri kita yang semakin memanas menandakan sebuah kontes sedang berlangsung, dan akan mencapai puncaknya. Kita sedang dalam kondisi riuh politik.

Riuh politik dan kontes kepemimpinan
Kondisi riuh politik merupakan area yang tepat untuk kita belajar gerakan. Kontes kepemimpinan pun demikian. Kepemimpinan yang dapat dikatakan merupakan seni memadukan seluruh potensi yang ada, baik itu politik, ekonomi, sosial, dll sangatlah tepat untuk kita belajar gerakan. Belajar melalui organisasi gerakan tempat kita bernaung: KAMMI.

Kontes kepemimpinan 2014 dapat dinilai menarik. Apa sebab? Baik calon legislatif ataupun calon presiden, terdapat geliat pemimpin-pemimpin muda berlaga. Mungkin, ini adalah era jalan terang bagi pemimpin muda mengambil peran kepemimpinan.

Ada hal menarik yang perlu kita cermati yakni bagaimana pemimpin muda itu layak mengambil peran kepemimpinan? Jawabnya antara lain karena mereka memperisapkan diri. Jadi, kita perlu bertanya pertanyaan yang sama, yakni apakah benar sekarang kita juga sedang mempersiapkan diri menjadi pemimpin? Apakah keberadaan kita sekarang di organisasi adalah jalan persiapan diri itu?
Sebut saja, kita berada di organisasi karena kita benar-benar mempersiapkan diri seperti para pemimpin muda yang sedang berkontes tersebut. Membaca biografi mereka memang dipenuhi rekam jejak yang mendukung proses mengasah diri menjadi pemimpin. Dan kita dapati, mereka yang memahami seluk beluk masalah adalah orang-orang yang membiasakan diri terlibat langsung menangani permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. mereka orang-orang lapangan.

Kita yang menyepi di tengah keramaian
Terhadap permasalahan yang ada di sekitar kita, terkadang kita lebih suka menyendiri, menyepi. Paling tidak, kita menyepi dari orang-orang di luar komunitas kita. Padahal, kita dituntut untuk berinteraksi dengan masyarakat yang beragam, plural. Kita menjadi lupa bahwa permasalahan yang ada sedang menunggu peran kita. Atau mungkin kita juga lupa, bahwa belajar kita di organisasi ini adalah sebuah proses pembentukan karakter pemimpin dalam diri kita. Dari prinsip dasar belajar, seharusnya kita tidak perlu takut salah asal jika salah kita harus segera perbaiki.

Agaknya, sikap kita sekarang terhadap suatu permasalahan yang ada disekitar kita, dan kemampuan kita mencari tahu kondisi masyarakat sekitar kita adalah cerminan sikap kita di kemudian hari. Maka, perlu kita belajar untuk lebih peka sosial sehingga sikap dan sifat ini lebih terasah.

Kita menuju prajurit serba bisa
Muslim negarawan. Sebuah profil yang apabila terdapat dalam seorang kader, akan menjadi luar biasa. Negarawan adalah seorang yang memiliki kapasitas pengelolaan negara. Ia menuntut penguasaan integral segala sektor yang mendukung kehidupan masyarakat dan fungsi berjalannya suatu negara. Ia menuntut kita menjadi seorang serba bisa.

Dalam skala daerah, maka profil muslim negarawan terukur jika kita memiliki kemampuan pengelolaan daerah. Begitupun dalam skala komisariat, maka kemampuan kita adalah pengelolaan kampus.

Kader Gerakan dalam berbagai bidang
Kita ada sebagai pengingat yang lalai. Kita ada untuk menjadi pelopor untuk menggerakkan seluruh orang-orang yang mau bergerak dan turut serta menyelesaikan masalah. Kita adalah kader gerakan dalam berbagai bidang.

Peran gerakan yang kita lakoni bukan terbatas oleh bidang tempat kita berada. Peran gerakan adalah seni memadukan profil seorang organisator, entrepeneur, dan akademisi sekaligus. Konsekuensinya akan bertalian, misal dalam kerja-kerja politik kita akan bertalian dengan ekonomi, begitupun sosial-politik, sosial-ekonomi, budaya-politik, ataupun lainnya.

*tulisan ini sebagai penyegaran orang yang mengaku aktivis gerakan
Bersambung….

One thought on “Kader Gerakan 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s