Orang-orang hebat di sekitar kita

*tulisan ini merupakan selipan dari judul tulisan interdependence

Begitu banyak orang hebat di sekitar kita jika kita menyadarinya. Terlebih apabila kita mau bersilaturahmi dengan mereka. (tulisan ini untuk sementara mengesampingkan teman-teman seumuran kita).

Bp Wuri. Beliau tetangga kita. Kita tidak pernah menyangka bahwa beliau adalah aktivis HMI pada mudanya. Sekarang beliau turut aktif dalam kepengurusan Muhammadiyah tingkat daerah dan berencana membuat perguruan tinggi Muhammadiyah di Bogor. “Biar Bogor tidak kalah dengan Malang dan Solo” ucapnya. Dua tahun lagi memang beliau akan pensiun jika tidak naik tingkat/jabatan. Jabatan saat ini beliau merupakan kepala bagian perencana dan anggaran Balai Besar Industri Agro Kemenperin.

Pesan beliau begitu sederhana, dan mendalam. “mengabdikan hidup pada ummat (masyarakat) akan selalu menyulut semangat dan membuat hidup bergairah”. “maka beruntunglah orang sepertimu, dik, yang telah aktif dalam kegiatan bermasyrakat, berorganisasi semenjak muda” pesannya. Dalam persepsi umum masyarakat memang beliau bisa dibilang sukses (dalam timbangan materi): memiliki SPBU, pesantren yang dilengkapi dengan pertanian. Saya pun juga memandang demikian. Namun tetap saja, di umur yang sudah tidak lagi muda, beliau mengatakan bahwa belum banyak hal yang bisa beliau lakukan.

Pernyataan terakhir “belum banyak hal yang bisa beliau lakukan”, coba kita renungkan, betapa pernyataan tersebut bertanya pada kita “apa yang sudah kamu lakukan?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s